Bahas Grammar dan Soal Bahasa Inggris, TOEFL serta IELTS

Kiat Menulis Personal Narrative Text

Teks personal narrative, dalam buku berjudul "Grammar and Writing Handbook" yang di-publish oleh MacMillan and McGraw-Hill didefinisikan sebagai 'a story that tells about a personal experience' atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai sebuah cerita yang memberitahukan tentang pengalaman pribadi.

Karakteristik Personal Narrative Text

Adapun karakteristik atau ciri dari personal narrative text adalah sebagai berikut:
  1. Memuat pengalaman pribadi sebagai konten utama;
  2. Ditulis dengan menggunakan orang pertama;
  3. Memuat peristiwa yang ditulis dalam rentetan waktu tertentu; dan
  4. Menggunakan time-order words.


Pengalaman Pribadi

Berdasarkan pengertian pada paragraf pembuka diatas, jelas bahwa karakteristik utama dari jenis teks ini mengandung pengalaman pribadi sebagai kontennya. Kamu dapat menceritakan apapun dalam hal ini; sepanjang apa yang kamu ceritakan benar-benar pernah kamu alami.

Orang Pertama

Baik dalam bahasa Inggris maupun dalam bahasa Indonesia, dikenal istilah subjek 'orang pertama', 'orang kedua', dan 'orang ketiga'. Orang pertama merujuk kepada kamu sendiri sebagai penulis cerita. Dalam teks personal narrative, gunakanlah orang pertama sebagai subjek. Adapun subjek yang termasuk dalam orang pertama adalah 'I' dan 'We'.
Yesterday in English class, my teacher asked me to answer question number 7. I thought that it would be easy. Unfortunately, my answer was wrong. My classmates laughed at me spontaneously. My teacher said, "Stop laughing! It's normal".
Perhatikan gaya penulisan contoh potongan personal narrative text pada paragraf diatas. Dalam potongan paragraf tersebut, terdapat kata 'I' yang mengindikasikan bahwa cerita tersebut benar-benar dialami oleh penulis cerita.

Rentetan Waktu

Rentetan waktu merujuk kepada peristiwa yang diceritakan berdasarkan urutan waktu. Dalam hal ini, kamu harus menceritakan pengalaman yang kamu pernah alami dengan urutan yang jelas. Frase yang biasanya digunakan adalah 'The night before', 'In the morning', 'In the afternoon', dan lain sebagainya.

Time-order Words

Poin ini merujuk kepada terdapatnya kata-kata yang memperjelas peristiwa demi peristiwa penting dalam rentetan waktu seperti 'At that time', 'At the moment', 'After that', 'Next', 'Finally', dan sebagainya.

Tujuan Teks Personal Narrative

Tujuan dari teks personal narrative ini adalah untuk menghibur pembaca dengan menyajikan pengalaman pribadi sebagai kontennya.

Tips Menulis Teks Personal Narrative

Bukalah cerita dengan menuliskan keterangan yang umum (general statement) kemudian tambahkan poin yang lebih spesifik (supporting detail) dibelakangnya. Sebisa mungkin, tulislah cerita dengan komposisi yang terstruktur dengan pola 'G-S' atau 'General to Specific'.

Tips selanjutnya, hindari pemakaian kata yang berlebihan. Sebisa mungkin, arahkan pembaca kamu pada alur yang jelas; tidak membuat pembaca melewatkan satu kalimatpun dari bacaan. Dalam hal ini, pemilihan kosakata wajib diperhatikan. Untuk mengujinya, silahkan posisikan diri kamu sebagai pembaca setelah tulisan kamu selesai dibuat.

Contoh Teks Personal Narrative

Berikut ini contoh teks personal narrative yang dikutip dari buku yang berjudul "Grammar and Writing Handbook".
I am a pretty easygoing sort of a person, and it takes a lot to get me upset. When I woke up yesterday, I had no idea of what was in store. There was a huge amount of math homework due, but I had done the work in no time. I was looking forward to the play rehearsal, too.

At school, the math teacher collected our homework. No wonder it had seemed so easy-I had done the wrong pages! The rest of the morning was fine, except I nearly sprained my jaw trying to eat the snack I had packed in my backpack. It turned out to be a rubber cookie that Wendy had slipped in.

At last it was time for our play rehearsal. "Break a leg", said Denise. The doctor laughed so hard when I told him the story that I almost kicked him with the plaster cast he had just put on my left foot.

by: Baker, M.
Berdasarkan pemaparan sebelumnya, cerita diatas telah memenuhi unsur personal narrative text. Cerita tersebut menggunakan 'I' sebagai subjek, tersusun berdasarkan rentetan waktu yang jelas, dan banyak menggunakan time-order words.


Popular Posts

Recent Posts

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Unordered List

Text Widget

Blog Archive