Bahas Grammar dan Soal Bahasa Inggris, TOEFL serta IELTS

Bahas Past Participle

Setelah membahas 'present participle' pada kesempatan sebelumnya, kali ini kita akan melanjutkan pembahasan ke 'past participle' yang diikuti dengan uji pemahaman pada halaman terpisah.

Terdapat dua cara membentuk past participle. Pertama, bentuk regular, disusun dengan formula 'infinitive + -ed'. Untuk beberapa infinitive, terdapat aturan khusus untuk mengubahnya menjadi past participle, misalnya infinitive yang berakhiran '-y' dengan didahului oleh huruf konsonan, pada contoh 'hurry' yang dalam bentuk past participle menjadi 'hurried'. Berbeda halnya dengan infinitive yang berakhiran '-y' yang didahului huruf vokal seperti pada kata 'play' yang dalam bentuk infinitive menjadi 'played.

Kedua, bentuk irregular. Tidak ada clue terkait cara mengubah kata-kata yang termasuk dalam poin ini menjadi past participle selain dengan menghapalkannya atau dengan membiasakan diri dalam penggunaannya. Misalnya untuk kata 'go' yang dalam past participle berubah menjadi 'gone', 'speak' menjadi 'spoken', dan 'cut' yang tetap menjadi 'cut'.

Untuk lebih memudahkan pembaca sekalian dalam mengetahui jenis kata yang termasuk dalam past participle, silahkan pembaca sekalian melihat daftar verb dan perubahannya. Di Indonesia, past participle juga dikenal dengan istilah 'V3' (verb 3).

Pada intinya, past participle dalam bahasa Indonesia biasanya merupakan kata yang berbentuk pasif atau kata yang dalam bahasa Indonesia berawalan 'di-' atau 'ter-'. Silahkan bandingkan kedua kalimat dibawah ini.
Mobil yang dibersihkan - The cleaned car (past participle as adjective)
Mobil yang membersihkan / Mobil pembersih - The cleaning car (present participle as adjective)

Ragam Penggunaan Past Participle

Past participle dapat digunakan dalam berbagai bentuk; masing-masing: present perfect tense, past perfect tense, dan future perfect tense. Berikut masing-masing contohnya.
Present perfect : I have eaten (Saya telah makan)
Past perfect : I had eaten (Saya telah makan (lampau))
Future perfect : I will have eaten (Saya akan telah makan)
Selain penggunaan diatas, past participle juga dapat berfungsi sebagai adjective. Dalam fungsinya sebagai adjective, past participle as adjective berfungsi untuk menjelaskan noun. Jika berdiri berdampingan dengan noun, maka past participle ditempatkan didepan noun. Sementara jika berdiri dalam frase yang lebih panjang, past participle ditempatkan dibelakang kata yang disifatinya.

Berdampingan dengan noun
Dalam frase
The broken table
Recorded voice
Written book
The table broken during its usage
Voice recorded by an musician
Book written by Bahas Grammar

Untuk membentuk kalimat atau frase yang mengandung adverb yang berfungsi untuk menerangkan past participle as adjective, maka adverb dapat ditempatkan sebelum dan setelah past participle yang menyifati noun.
The recently broken table - The table recently broken / The table broken recently
Poorly recorded voices - The voices poorly recorded / The voices recorded poorly
Pada contoh pertama diatas, adverb 'recently' menerangkan past participle as adjective 'broken' sehingga menjadi 'recently broken' yang berarti 'Yang baru saja rusak'. Frase 'recently broken' ini belum sempurna karena kita tidak tahu benda apa yang baru saja rusak sehingga dibutuhkan noun untuk melengkapi frase tersebut. Selanjutnya, adverb + past participle as adjective 'recently broken' menyifati noun 'table' sehingga menjadi 'Meja yang baru saja rusak'. Dalam hal ini, telah diketahui benda apa yang baru saja rusak; yaiutu 'table'.

Past participle + noun seperti pada contoh 'broken table' tersebut seyogianya merupakan reduced form dari 'table which is broken' atau 'table that is broken'. Sama seperti present participle, pengguna bahasa Inggris juga lebih sering menggunakan past participle + noun dalam bentuk reduced form.

Dalam bentuk progressive, past participle bisa di-modify oleh kata 'being' yang ditempatkan sebelum past participle.
The broken table - Meja yang rusak
The article being written by Bahas Grammar - Artikel yang sedang ditulis oleh Bahas Grammar
Setelah memahami pembahasan past participle, silahkan lanjutkan ke sesi selanjutnya untuk menguji pemahaman pembaca sekalian tentang poin ini - Latihan Soal Grammar - Past Participle.

Jika Anda berada pada halaman ini sebelum membaca pembahasan yang mengulas present participle, silahkan lanjutkan membaca poin Bahas Present Participle.

Popular Posts

Recent Posts

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Unordered List

Text Widget

Blog Archive